Myeloid Leukemia Akut Dewasa


    Myeloid Leukemia Akut Dewasa (AML) adalah jenis kanker di mana sumsum tulang membuat mieloblas abnormal (sejenis sel darah putih), sel darah merah, atau trombosit.
    Leukemia dapat mempengaruhi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.
    Ada subtipe AML yang berbeda.
    Merokok, perawatan kemoterapi sebelumnya, dan paparan radiasi dapat mempengaruhi risiko AML dewasa.
    Tanda dan gejala AML dewasa termasuk demam, merasa lelah, dan mudah memar atau pendarahan.
    Tes yang memeriksa darah dan sumsum tulang digunakan untuk mendeteksi (menemukan) dan mendiagnosis AML dewasa.
    Faktor-faktor tertentu mempengaruhi prognosis (kemungkinan pemulihan) dan pilihan pengobatan.

Myeloid Leukemia Akut Dewasa (AML) Adalah Jenis Kanker di mana Sumsum Tulang Membuat Myeloblas Abnormal (Jenis Sel Darah Putih), Sel Darah Merah, atau Trombosit.

Leukemia myeloid akut dewasa (AML) adalah kanker darah dan sumsum tulang. Jenis kanker ini biasanya memburuk dengan cepat jika tidak diobati. Ini adalah jenis leukemia akut yang paling umum pada orang dewasa. AML juga disebut leukemia myelogenous akut, leukemia mieloblastik akut, leukemia granulositik akut, dan leukemia non-lifositik akut.

Leukemia dapat mempengaruhi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Biasanya, sumsum tulang membuat sel-sel induk darah (sel-sel belum matang) yang menjadi sel-sel darah dewasa dari waktu ke waktu. Sel induk darah dapat menjadi sel induk myeloid atau sel induk limfoid. Sel punca limfoid menjadi sel darah putih.

Sel induk myeloid menjadi satu dari tiga jenis sel darah dewasa:

    Sel darah merah yang membawa oksigen dan zat lain ke seluruh jaringan tubuh.
    Sel darah putih yang melawan infeksi dan penyakit.
    Trombosit yang membentuk gumpalan darah untuk menghentikan pendarahan.

Dalam AML, sel-sel induk myeloid biasanya menjadi jenis sel darah putih yang belum matang yang disebut myeloblasts (atau myeloid blasts). Myeloblas dalam AML tidak normal dan tidak menjadi sel darah putih yang sehat. Kadang-kadang dalam AML, terlalu banyak sel induk menjadi sel darah merah atau trombosit yang abnormal.

Sel-sel darah putih yang abnormal, sel-sel darah merah, atau trombosit juga disebut sel-sel leukemia atau ledakan. Sel leukemia dapat menumpuk di sumsum tulang dan darah sehingga ada lebih sedikit ruang untuk sel darah putih yang sehat, sel darah merah, dan trombosit. Ketika ini terjadi, infeksi, anemia, atau pendarahan yang mudah dapat terjadi. Sel-sel leukemia dapat menyebar di luar darah ke bagian lain dari tubuh, termasuk sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang), kulit, dan gusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar