Hodgkin Lymphoma Dewasa

Hodgkin limfoma dewasa adalah jenis kanker yang berkembang di sistem kekebalan tubuh, khususnya sistem limfa. Ada dua tipe utama limfoma Hodgkin dewasa, klasik dan nodular, dengan klasik yang terdiri dari sebagian besar limfoma. Klasik dibagi menjadi empat subtipe: limfoma Hodgkin nodular sclerosing, limfosit Hodgkin campuran seluler, limfosit limfosit Hodgkin limfoma, dan limfoma Hodgkin klasik limfosit yang kaya.

Faktor risiko untuk limfoma Hodgkin dewasa termasuk menjadi laki-laki (muda, dewasa), terinfeksi virus Epstein-Barr, dan memiliki kerabat tingkat pertama (orang tua, saudara laki-laki, atau saudara perempuan) dengan limfoma Hodgkin.

Tanda dan gejala limfoma Hodgkin mungkin termasuk kelenjar getah bening yang bengkak tanpa rasa sakit (di leher, ketiak, dan / atau selangkangan), demam, keringat malam, penurunan berat badan, kulit gatal, dan merasa sangat lelah.

Diagnosis biasanya dilakukan dengan pemeriksaan fisik dan tes seperti CBC, studi kimia darah, tingkat sedimentasi (tingkat di mana sel-sel darah merah menetap ke bagian bawah tabung tes), biopsi kelenjar getah bening, dan mungkin immunophenotyping (mendeteksi antigen pada permukaan sel ).

Faktor-faktor yang mempengaruhi prognosis (hasil) termasuk tanda dan gejala pasien, stadium kanker, jenis limfoma Hodgkin, hasil tes darah, usia pasien, jenis kelamin dan kesehatan umum, dan apakah kanker berulang atau progresif. Selama kehamilan, keinginan pasien dan usia janin mempengaruhi prognosis. Limfoma Hodgkin dewasa biasanya dapat disembuhkan jika ditemukan dan diobati dini. Estimasi harapan hidup (tingkat ketahanan hidup lima tahun) menurut National Cancer Institute terkait dengan stadium kanker: stadium I dan II adalah sekitar 90%; tahap III adalah sekitar 80%; dan stadium IV sekitar 65%.

Aspirasi sumsum tulang dan / atau biopsi, CT scan, MRI scan, PET scan, dan ultrasound dapat membantu kemampuan dokter untuk menentukan stadium limfoma Hodgkin. Biasanya seorang onkologis (spesialis kanker) akan mengelola perawatan Anda; dokter lain yang mungkin terlibat adalah ahli saraf, ahli bedah saraf, ahli onkologi radiasi, ahli endokrin, ahli hematologi, spesialis rehabilitasi, dan mungkin lainnya.

Pilihan pengobatan untuk limfoma Hodgkin dewasa dapat melibatkan satu atau lebih dari yang berikut: kemoterapi, terapi radiasi, dan pembedahan. Pilihan pengobatan, untuk wanita hamil, terdiri dari menunggu waspada dan terapi steroid. Kemoterapi dosis tinggi dan terapi radiasi dengan transplantasi sel induk sedang diuji dalam uji klinis bersama dengan terapi antibodi monoklonal.

Pasien dapat memasuki uji klinis sebelum, selama, atau setelah perawatan mereka, tergantung pada kualifikasi mereka untuk memasuki uji klinis seperti itu. Pada beberapa wanita hamil, selama trimester pertama, terapi radiasi di atas diafragma dan kemoterapi sistemik dapat dipertimbangkan untuk pengobatan; selama paruh kedua kehamilan, persalinan diinduksi pada usia 32 hingga 36 minggu dan kemoterapi sistemik, terapi steroid, dan terapi radiasi dapat digunakan untuk ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar